musik

Sabtu, 05 Maret 2016

Perangkat Keras Komputer (Hardware)

  1.  Perangkat Keras Komputer


 
Macam-macam perangkat keras pada komputer

          Perangkat Keras Komputer (Hardware) adalah sebuah komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan atau dalam arti singkatnya sebuah komponen pada komputer yang bisa disentuh, dilihat dan diraba. Perangkat keras terdiri dari keyboard, mouse, monitor, scanner, dan lain-lain. Sedangkan perangkat keras dibagi menjadi tiga kelompok bagian, yaitu perangkat untuk masukan (input device), perangkat pemroses (processing device), dan perangkat untuk keluaran (output device).

  •  PERANGKAT MASUKAN (INPUT DEVICE)
            Perangkat masukan adalah semua komponen komputer yang berfungsi untuk memberikan masukan baik berupa data atau perintah pada komputer.

       1. Keyboard
               Keyboard adalah komponen komputer yang berupa papan ketik. Tombol-tombol pada keyboard sudah dikodekan menjadi sandi biner, sehingga dapat dimengerti oleh komputer. Ada beberapa macam keyboard menurut jenis konektor yang digunakan, yaitu keyboard serial, PS/2, USB, dan wireless (tanpa kabel).

 
 
        2. Mouse
                   Mouse adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menunjukkan titik-titik pada layar monitor dalam tampilan mode grafis. Pada umumnya petunjuk titik tersebut digambarkan dengan sebuah anak panah yang disebut dengan mouse pointer. Ada juga mouse yang dilengkapi dengan tombol scroll yang terletak di tengah, untuk mengakses atau memberi perintah mouse dilengkapi 2 tombol yaitu bagian kiri dan kanan.

 
       3. Microfon
                    Microfon adalah alat yang digunakan untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik. Alat ini memerlukan perangkat lain yang disebut kartu suara (Sound Card).


Microfon Ak-28 Sisteme Sonorizare
       4. Scanner
                  Scanner adalah perangkat komputer yang berfungsi mengubah objek 2 dimensi (berupa gambar lukisan/foto) menjadi data digital. Alat ini seperti mesin fotocopy tapi hasilnya tidak disimpan di kertas melainkan sebagai sinyal listrik dalam bentuk data digital.

 

  •  PERANGKAT PEMROSES (PROCESSING DEVICE)
  1. Motherboard 
                  Motherboard atau sering disebut juga Mainboard adalah papan rangkaian tercetak tempat meletakkan dan menghubungkan semua komponen atau perangkat keras komputer. Jadi dalam motherboard terdapat berbagai konektor atau slot/soket. Soket atau slot tersebut biasa diberi nama sesuai dengan peralatan yang menggunakan konektor tersebut. Misalnya soket/slot prosesor (tempat meletakkan prosesor), slot memori (tempat menempatkan memori/RAM) dan lain-lain.

 

       2. Processor (Microprocessor) 
                Microprocessor adalah komponen elektronik yang berupa IC yang dapat melakukan operasi aritmatika dan logika dengan sangat cepat. "Mikroprosesor"atau sering disebut "prosesor" saja, merupakan otak dari komputer yang bertugas melaksanakan semua operasi perhitungan atau pengolahan data. Dari waktu ke waktu, prosesor telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salaj satu perusahaan mikroprosesor terbesar adalah "Intel Corp" dengan prosesor Pentium-nya. Merek propesor lain yang ada antara lain : AMD, VIA, Cryx, Motorola.

 

        3. Modem
                 Modem atau modulator demodulator adalah perangkat komputer yang digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya sehingga komputer dapat berkomunikasi melalui jaringan telepon atau internet.

 
         4. Power Supply
                   Power supply adalah rangkaian elektronik yang digunakan untuk memberikan pasokan daya listrik kepada seluruh daya komponen komputer.

 

  • PERANGKAT KELUARAN (OUTPUT DEVICE
  1. Monitor
          Monitor adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.

      
    2. Printer
           Printer adalah perangkat komputer yang digunakan untuk mencetak data ke media kertas.


    • PERANGKAT MASUKAN/KELUARAN (I/O DEVICE)
    1. Floppy Disk Drive
                    "Floppy Disk Drive" adalah perangkat yang digunakan untuk membaca atau menulis data pada media disket.

     
     
     
          2. DVD/CD Drive
                    " DVD/CD Drive" adalah perangkat yang digunakan untuk membaca atau menulis data pada media penyimpanan optik seperti CD/DVD Cassette. Untuk dapat menulis ke media CD atau DVD diperlukan CDRW atau DVDRW. CDRW (CD Read Write) digunakan untuk membaca atau menulis data pada CD (Compact Disc). Sedangkan DVDRW dapat digunakan untuk membaca atau menulis data pada media CD atau DVD.



               3. Touch Screen
                       "Thouch Screen" adalah alat tampilan seperti LCD tetapi sudah disusun dan dilengkapi tombol-tombol perintah. Biasanya untuk menekan tombol melalui touchscreen menggunakan stik khusus atau dengan jari tangan tetapi harus sangat hati-hati agar layar tidak rusak ketika menekan.


                 4. I/O Card
                          "I/O Card" adalah kartu tambahan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keluaran dan masukan dengan cpu (prosesor). Kartu ini digunakan pada komputer generasi x486 atau sebelumnya.

  • MEDIA PENYIMPANAN
                 Media penyimpanan data sangat diperlukan dalam sistem komputer, karena terbatasnya memori yang dimiliki prosesor maupun kapasitas RAM eksternal yang dipasang pada motherboard. Oleh karena itu diperlukan media penyimpanan lain yang lebih besar untuk dapat memfungsikan komputer sesuai dengan kebutuhan.
  1. Disket
                "Disket" adalah piringan mengetik untuk menyimpan data digital. Untuk membaca atau menulis ke dalam disket deperlukan alat yang disebut Floppy Disk Drive. Disket sangat berguna pada harddisk belum ditemukan. Sehingga disket berfungsi untuk menyimpan program sekaligus menyimpan dokumen.

      2. Harddisk
           Harddisk adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.


       3. CD/DVD-Cassette
                 "CD/DVD-Cassette" adalah piringan optik untuk menyimpan data. Media ini menggunakan teknologi laser untuk membaca maupun menulis. Media CD/DVD ada dua yaitu, CD/DVD-ROM (CD/DVD Read Only Memory) yang dapat ditulis sekali untuk selanjutnya hanya bisa dibaca dan CD/DVD-RW (CD/DVD-Read Write) yang dapat ditulis dan dihapus berulang kali. Ukuran kaset 12 cm pada CD memiliki kapasitas sekitar 700 MB dan DVD memiliki kapasitas sampai 4,7 GB. Sedangkan untuk ukuran kecil (6-8 cm) CD memiliki kapasitas sekitar 200 MB dan DVD sekitar 1,2 GB.

  • FLASHDISK ATAU MEMORY CARD
            Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar